Minggu, 04 Desember 2016

Laporan Program Kerja PMR Madya MTs. Negeri Tambun


LAPORAN
PROGRAM  KERJA  PMR  MADYA  MTsN TAMBUN
TAHUN  2016

















PMR  MADYA  MTsN  TAMBUN
TAHUN 2016

KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Tuhan semesta alam yang telah memberikan taufik serta hidayah-Nya kepada kita, sehingga kita masih di beri kesempatan untuk menghirup udara, sekaligus berkarya dan beraktivitas untuk negara tercinta kita Republik Indonesia umumnya dan pada khususnya MTs. Negeri Tambun. Semoga setiap gerak dan langkah yang kita laksanakan, merupakan suatu ibadah yang akan memperoleh ridho dan rahmat dari Allah SWT. Amin.
Penyusunan Program Tahunan kegiatan Extrakurikuler PMR ini di jadikan sebagai pedoman dan sekaligus sebagai bukti fisik dalam menentukan langkah dan arah kegiatan PMR Madrasah yang tertib dan teratur serta bertujuan menjadikan anggota dapat lebih cakap baik dalam materi maupun praktek dan tercapai apa yang di harapkan.
Untuk mewujudkan semua itu kami mengharapkan dukungan dari semua pihak baik dari kepala sekolah, dewan guru, karyawan, komite sekolah, dewan kerja, pelatih, pembimbing, serta semua organisasi yang ada di MTs. Negeri Tambun ini.
Kami menyadari program kerja ini masih banyak kelemahan dan kekurangannya. Hal ini dikarenakan kemampuan kami yang masih minim. Oleh karena itu kritk dan saran yang sifatnya membangun sangat kami harapkan guna perbaikan dimasa mendatang.
Akhirnya kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu dalam mensukseskan jalannya program kerja ini.




Wakasek Bid. Kesiswaan



Mukarrama, S.Pd
Nip. 1981

TTolitoli, 4 Januri 2016
Pembina PMR



Hartaty Kamaruddin, S.Pd
Nip. 19690807 200501 2 007

Mengetahui,
Kepala Madrasah,



Ayub, S.Ag.,M.Pd.I
Nip. 19650705 199403 1 004


BAB I
PENDAHULUAN


1.1   Latar Belakang

MTs. Negeri Tambun merupakan suatu lembaga pendidikan yang mempunyai sumber daya manusia yang cukup besar. Keadaan yang demikian adalah merupakan faktor pendukung dalam rangka meningkatkan dan menumbuhkembangkan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan. Perjalanan menuju ke arah hal tersebut memerlukan satu sistem dan manajemen yang benar-benar profesional.
Kegiatan extrakurikuler PMR ( Palang Merah Remaja ) adalah merupakan  salah satu upaya untuk mengarahkan siswa dalam pembinaan diri agar memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, Idealisme, mempunyai wawasan yang luas, kokoh kepribadianya, memiliki kesegaran jasmani dan daya kreasi serta dapat mengembangkan Kemandirian, Kepemimpinan, Ilmu kesehatan, Keterampilan, semangat kerja keras, dan Kepeloporan.
Garis-garis Besar Haluan Negara menyatakan bahwa generasi muda yang di dalamnya termasuk para siswa adalah penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional yang berdasarkan pancasila dan Undang-undang dasar 1945.
Pembinaan pendidikan kesehatan yang diselenggarakan di sekolah adalah kepalangmerahan. Kepalangmerahan bertujuan melaksakan salah satu kegiatan pendidikan bela negara dan latihan awal bagi siswa dalam mengamalkan Tri Bhakti dan Prinsip – prinsip Palang Merah, juga bertujuan untuk menanamkan rasa disiplin, mempertebal rasa semangat kebangsaan, patriotis serta rasa tanggung jawab yang tinggi bagi siswa dan tidak lupa menjaga kesatuan dan persatuan dalam semangat PMR dan biasa dikenal dengan “JIWA KORSA” (korp satu rasa) yaitu perasaan yang tertanam dalam lubuk hati para siswa untuk saling mencintai, menghormati dalam pasukan, satu kesatuan hidup ataupun dalam organisasi.
Atas dasar itulah kami menyusun  Program Tahunan Extrakurikuler PMR ini, dengan harapan Juklak dan Juknis yang ada didalamnya dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan ke PMR an di MTs. Negeri Tambun.




1.2   Dasar Hukum

1)      Undang-undang Dasar 1945,
2)      Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional,
3)      Peraturan Pemerintah No. 20 tentang pendidikan menengah,
4)      Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.0461/U/084 tanggal 18 Oktober 1984, tentang pembinaan kesiswaan,
5)      Keputusan Direktur Jendral pendidikan Dasar dan menengah No.201/C/0.1986,      tentang pembinaan kesiswaan,
6)      Keputusan Direktur Peembinaan kesiswaan No.251/C8/U.91, tentang revisi buku Petunjuk pelaksanaan /materi pembinaan kesiswaan,
7)      Program Kerja PMR Periode 2016 – 2017

1.3   Maksud dan Tujuan
A.    Maksud
1)      Sebagai pedoman dan petunjuk pelaksanaan  kegiatan PMR sekolah baik jangka pendek, menengah, maupun panjang.
2)      Menanam dan menumbuh kembangkan kesadaran berbangsa dan bernegara di kalangan siswa khususnya anggota MTs. Negeri Tambun.
3)      Mempertinggi idealisme, patriotisme dan menjaga nama baik serta     menjungjung tinggi rasa persaudaraan di kalangan sekolah.

B.     Tujuan
1)      Memacu kreatifitas generasi muda dengan harapan dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan rasa tanggung jawab.
2)      Meningkatkan mutu dan keterampilan baik dalam kepalangmerahan, tingkah laku maupun kepemimpinan.
3)      Sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan PMR sekolah yang tertib dan terarah.




BAB II
SISTEM PEMBINAAN


2.1  Sasaran Pembinaan
1)      Siswa-siswi kelas VII MTs. Negeri Tambun, sebagai anggota baru PMR sekolah.
2)      Siswa – siswi kelas VIII MTs. Negeri Tambun sebagai Dewan Kerja.
3)      Sebagian siswa-siswi kelas IX MTs. Negeri Tambun, sebagai Dewan kehormatan dan pengatur serta pembantu pelatih dan pembina.     

2.2   Bentuk-Bentuk Pembinaan
1)      Pembinaan administrasi,
2)      Pendidikan dan latihan,
3)      Pembinaan Organisasi,
4)      Pembinaan pengembangan pola pikir.

2.3   Pelaksanaan Kegiatan
1)      Promosi dan Pengenalan
2)      Dilakukan dengan cara memberikan informasi tentang PMR sekolah dan tentang di bukanya penerimaan Anggota baru PMR sekolah di suatu latihan OSIS pada kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).
3)      Kegiatan Pengembangan diri
4)      Dilaksanakan sesuai dengan program kegiatan dan jadwal pelajaran di sekolah.
5)      Kegiatan Pelatihan Tambahan
6)      Dilaksanakan sesuai dengan kegiatan yang bersifat insidental (menghadapi lomba atau kegiatan   luar sekolah).

2.4  Kriteria Pelatihan
Calon PMR harus mengikuti latihan rutin yang di laksanakan oleh sekolah dengan  materi sebagai berikut :
1)      Sejarah PMI, PMR, PM Internasional
2)      P3K
3)      Materi latihan meliputi :
  Gangguan umum, khusus dan lokal
  PBB Dasar,
  Perawatan keluarga dan perawatan umum
  Pendekatan permainan yang mendidik,
  Pengertian materi yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan   yang  di miliki,
  Penerapan nilai-nilai etika, moral yang luhur dalam kehidupan sehari-hari.

2.5   Sanksi-Sanksi Dalam Latihan
 Sanksi dalam hukuman yang di berikan saat latihan ataupun pada waktu anak didik tidak masuk latihan harus memiliki nilai kental yang mendidik dan membina, tidak dengan penekanan sentuhan fisik yang berakibat melukai ataupun menyakiti, namun sebuah sanksi yang masih dengan nilai jera serta pengertian akan kesalahan yang di perbuat tersebut untuk tidak mengulangi.
























BAB III
RENCANA KEGIATAN

3.1  Program Latihan

A.    Program kegiatan jangka pendek (Metode Pengenalan)
1.      Pengenalan organisasi PMR Madrasah,
2.      Pelayanan Kesehatan Madrasah
3.      Mengadakan Kebersihan Lingkungan Madrasah
4.      Mengadakan Bakti Sosial
5.      Mengadakan Kunjungan ke Tempat Kesehatan

B.     Program jangka menengah (Metode Penggemblengan)
1.      Diklatsar PMR (Latihan Pendidikan Dasar PMR),
2.      Pelantikan Calon Anggota PMR ke Anggota PMR ( Mula ke Madya tingkat A ),
3.      PBB   (Peraturan Baris Berbaris),
4.      Latihan Gabungan (LATGAB),         
5.      Hiking, 
6.      Perkemahan bersama.

C.     Program Jangka Panjang (Metode Pembentukan)
1.      Pelantikan Dewan Kerja ( Madya tingkat A ke Madya  tingkat  B ),
2.      Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ( LDKS ),
3.      Pembentukan Pengurus Harian,
4.      Serah Terima Jabatan.
D.    Hasil yang diharapkan
1.      PMR MTs. Negeri Tambun dapat berpartipasi mengirimkan penderitaan sesama manusia yang disebabkan kelamin, golongan, dan lain-lainnya yang berlandaskan 7 prinsip –prinsip dasar gerakan internasional palang merah dan bulan sabit merah
2.      Kemanusiaan
3.      Kesamaan
4.      Kenetralan kemandirian
5.      Kesukarelaan
6.      Kesatuan
7.      Kemestaan
8.      Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan terencana berkelanjutan dengan pendekatan peduli terhadap sesama.
E.     Menyelenggarakan pembinaan terhadap potensi sumber daya manusia / siswa di sekolah yang benar-benar mempunyai kemampuan keahlian serta pengalaman dalam bidang kepalangmerahan.
9.      Orientasi dan pelatihan aplikasi bagi siswa PMR dan relawan PMI agar menghayati tugas dan tanggung jawabnya yang didukung dengan penghayatan terhadap nilai-nilai kepalangmerahan sebelum diterjunkan ke lapangan
10.  Menyelenggarakan peduli bencana secara terencana terkoordinasi dan kesiagaan terhadap darurat bencana.

Adapun Rencana Kegiatan Palang Merah Remaja (PMR) MTs. Negeri Tambun Tahun Pelajaran  2016 adalah sebagai berikut terlampir.






























BAB IV
RENCANA ANGGARAN

Rencana Anggaran Kegiatan PMR MTs. Negeri Tambun Tahun Anggaran 2016/2017 adalah sebagai berikut :
A.    Penerimaan
Dari Sekolah                                                                                            Rp.     
B.    Pengeluaran
1.      Badge dan syal                                                                                Rp.   1.000.000,-
2.      Kotak P3K                                                                                       Rp.      0            
3.      Lomba –lomba                                                                                 Rp.   0
4.      Reorganisasi                                                                                     Rp    0
5.      Tandu untuk pasien                                                                          Rp.   0
6.      Obat-obatan (untuk 12 bulan / daftar terlampir)                              Rp.   1.000.000,-
7.      Bad Periksa untuk pasien                                                                 Rp.   0
8.      Lemari Jati Kaca untuk obat                                                            Rp.   0
9.      Tempat obat (plastik)                                                                       Rp.   0     
10.  Poster-Poster dan Stereopom                                                           Rp.   1.000.000,-
11.  Timbangan Badan                                                                            Rp.   200.000,-
12.  Tensi (alat untuk tekanan darah)                                                      Rp.   250.000,-
13.  Stethoscop (alat untuk denyut nadi)                                                Rp.   250.000,-
14.  Thermometer                                                                                    Rp.   100.000,-
15.  Pengukur tinggi badan                                                                     Rp.   200.000,-
16.  Alat untuk tes mata (steven chart)                                                   Rp.   100.000,-
17.  Baju Dokter Cilik                                                                             Rp.   300.000,-
JUMLAH                                                                                               Rp.   4.400.000,-                            







BAB V
PENUTUP

4.1  Kesimpulan
1.   PMR Sekolah sebagai wahana belajar untuk mendisiplinkan  siswa-siswi yang bertanggung jawab dan mempunyai ilmu kesehatan yang tinggi,
2.   Usai anak didik mengenyam materi kepalangmerahan di harapkan bisa melanjutkan Organisasi PMR di tingkat yang lebih tinggi dan selalu exist di dalamnya.

4.2   Saran
Program kerja Tahunan sebagai cara untuk semua kegiatan di PMR sekolah maka dipandang perlu menyusun suatu perencanaan karena dengan perencanaan yang matang, maka menentukan  kualitas kegiatan tentu berimbas pada hasil, tetapi apapun perencanaanya kalau tidak diimbangi faktor yang mendukung dari pihak manapun semua itu tidak akan terwujud dengan baik, untuk itu semoga pihak-pihak terkait khususnya pihak sekolah dapat mewujukan apa-apa yang di perlukan demi lancarnya kegiatan ini.




























STRUKTUR ORGANISASI PMR MADYA
MTs. NEGERI TAMBUN
TAHUN PELAJARAN 2016/2017



Pelindung                       :    Ayub, S.Ag.,M. Pd.I
Penasehat                       :    Mukarrama, S.Pd
Pembina                         :    1. Hartaty Kamaruddin, S.Pd
                                            2. Nurni, S.Pd.I
                                            3. Suhardi, S.Pd.I

Pembimbing                   :    1. PMI Baolan
                                            2. PUSKESMAS Nopi

Pengurus harian :

Ketua                            :    1. Fajriansyah (VIII-a)
                                            2. Taufik Hidayansyah (VIII-a)
Wk Ketua                       :    1. Agung Lias Pratama (VIII-b)
                                      :    2. Fikran (VIII-b)     
Sekretaris                       :    Tri Dewi Utami (VIII-f)
 Bendahara                    :    Suci Ramadhani (VIII-d)


Seksi – seksi

a.   Bakti Masyarakat  :        
1.   Risma Asriani (VIII-a)
2.   Vera Febrianti (VIII-c)
3.   Asrianto (VIII-b)            

b.    Keterampilan Hidup Sehat :           
1.   Diah Pitaloka (VIII-e)
2.   Afifa. R (VII-a)
3.   Moh. Rafli (VIII-e)                                                       


c.    Persahabatan (Humas) :
1.    Nur Annisa Rahman (VIII-b)
2.    Delia Ayu Lestari (VIII-c)
3.    Moh. Iksan (VIII-e)          










Tolitoli, 4 Januari 2015
Ketua PMR,



Fajriansyah


Sekretaris PMR,



Tri Dewi Utami


Mengetahui :


Pembina PMR




Hartaty Kamaruddin, S.Pd
Nip. 196908072005012007



                                                                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar