LAPORAN
PROGRAM
KERJA PMR MADYA MTsN
TAMBUN
TAHUN 2016
PMR MADYA MTsN TAMBUN
TAHUN 2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT.
Tuhan semesta alam yang telah memberikan taufik serta hidayah-Nya kepada kita,
sehingga kita masih di beri kesempatan untuk menghirup udara, sekaligus
berkarya dan beraktivitas untuk negara tercinta kita Republik Indonesia umumnya
dan pada khususnya MTs. Negeri Tambun. Semoga setiap gerak dan langkah
yang kita laksanakan, merupakan suatu ibadah yang akan memperoleh ridho dan
rahmat dari Allah SWT. Amin.
Penyusunan
Program Tahunan kegiatan Extrakurikuler PMR ini di jadikan sebagai pedoman dan
sekaligus sebagai bukti fisik dalam menentukan langkah dan arah kegiatan PMR
Madrasah yang tertib dan teratur serta bertujuan menjadikan anggota dapat lebih
cakap baik dalam materi maupun praktek dan tercapai apa yang di harapkan.
Untuk mewujudkan semua itu kami mengharapkan dukungan dari semua pihak baik dari kepala sekolah, dewan guru, karyawan, komite sekolah, dewan kerja, pelatih, pembimbing, serta semua organisasi yang ada di MTs. Negeri Tambun ini.
Untuk mewujudkan semua itu kami mengharapkan dukungan dari semua pihak baik dari kepala sekolah, dewan guru, karyawan, komite sekolah, dewan kerja, pelatih, pembimbing, serta semua organisasi yang ada di MTs. Negeri Tambun ini.
Kami menyadari program kerja ini masih banyak
kelemahan dan kekurangannya. Hal ini dikarenakan kemampuan kami yang masih
minim. Oleh karena itu kritk dan saran yang sifatnya membangun sangat kami
harapkan guna perbaikan dimasa mendatang.
Akhirnya kami mengucapkan banyak terima kasih
kepada semua pihak yang turut membantu dalam mensukseskan jalannya program
kerja ini.
|
Wakasek Bid. Kesiswaan
Mukarrama, S.Pd
Nip. 1981
|
|
TTolitoli, 4
Januri 2016
Pembina PMR
Hartaty Kamaruddin, S.Pd
Nip. 19690807 200501 2 007
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah,
Ayub, S.Ag.,M.Pd.I
Nip. 19650705 199403 1 004
|
|
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
MTs. Negeri Tambun merupakan suatu lembaga
pendidikan yang mempunyai sumber daya manusia yang cukup besar. Keadaan yang
demikian adalah merupakan faktor pendukung dalam rangka meningkatkan dan
menumbuhkembangkan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan. Perjalanan menuju
ke arah hal tersebut memerlukan satu sistem dan manajemen yang benar-benar
profesional.
Kegiatan extrakurikuler PMR ( Palang Merah
Remaja ) adalah merupakan salah satu upaya untuk mengarahkan siswa dalam
pembinaan diri agar memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, Idealisme,
mempunyai wawasan yang luas, kokoh kepribadianya, memiliki kesegaran jasmani
dan daya kreasi serta dapat mengembangkan Kemandirian, Kepemimpinan, Ilmu
kesehatan, Keterampilan, semangat kerja keras, dan Kepeloporan.
Garis-garis Besar Haluan Negara menyatakan
bahwa generasi muda yang di dalamnya termasuk para siswa adalah penerus
cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional yang
berdasarkan pancasila dan Undang-undang dasar 1945.
Pembinaan pendidikan kesehatan yang
diselenggarakan di sekolah adalah kepalangmerahan. Kepalangmerahan bertujuan
melaksakan salah satu kegiatan pendidikan bela negara dan latihan awal bagi
siswa dalam mengamalkan Tri Bhakti dan Prinsip – prinsip Palang Merah, juga
bertujuan untuk menanamkan rasa disiplin, mempertebal rasa semangat kebangsaan,
patriotis serta rasa tanggung jawab yang tinggi bagi siswa dan tidak lupa
menjaga kesatuan dan persatuan dalam semangat PMR dan biasa dikenal dengan
“JIWA KORSA” (korp satu rasa) yaitu perasaan yang tertanam dalam lubuk hati
para siswa untuk saling mencintai, menghormati dalam pasukan, satu kesatuan
hidup ataupun dalam organisasi.
Atas dasar itulah kami menyusun Program
Tahunan Extrakurikuler PMR ini, dengan harapan Juklak dan Juknis yang ada
didalamnya dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan ke PMR an di MTs.
Negeri Tambun.
1.2 Dasar Hukum
1)
Undang-undang Dasar 1945,
2)
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun
2003, tentang sistem pendidikan nasional,
3)
Peraturan Pemerintah No. 20 tentang pendidikan
menengah,
4)
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
No.0461/U/084 tanggal 18 Oktober 1984, tentang pembinaan kesiswaan,
5)
Keputusan Direktur Jendral pendidikan Dasar dan
menengah No.201/C/0.1986, tentang pembinaan
kesiswaan,
6)
Keputusan Direktur Peembinaan kesiswaan
No.251/C8/U.91, tentang revisi buku Petunjuk pelaksanaan /materi pembinaan
kesiswaan,
7)
Program Kerja PMR Periode 2016 – 2017
1.3 Maksud dan Tujuan
A.
Maksud
1)
Sebagai pedoman dan petunjuk pelaksanaan
kegiatan PMR sekolah baik jangka pendek, menengah, maupun panjang.
2)
Menanam dan menumbuh kembangkan kesadaran
berbangsa dan bernegara di kalangan siswa khususnya anggota MTs. Negeri Tambun.
3)
Mempertinggi idealisme, patriotisme dan menjaga
nama baik serta menjungjung tinggi rasa persaudaraan di
kalangan sekolah.
B.
Tujuan
1)
Memacu kreatifitas generasi muda dengan harapan
dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan rasa tanggung jawab.
2)
Meningkatkan mutu dan keterampilan baik dalam
kepalangmerahan, tingkah laku maupun kepemimpinan.
3)
Sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan PMR
sekolah yang tertib dan terarah.
BAB II
SISTEM PEMBINAAN
2.1 Sasaran Pembinaan
1)
Siswa-siswi kelas VII MTs. Negeri Tambun, sebagai anggota baru PMR sekolah.
2)
Siswa – siswi kelas VIII MTs. Negeri Tambun sebagai Dewan Kerja.
3)
Sebagian siswa-siswi kelas IX MTs. Negeri Tambun, sebagai Dewan kehormatan dan pengatur serta
pembantu pelatih dan pembina.
2.2 Bentuk-Bentuk Pembinaan
1)
Pembinaan administrasi,
2)
Pendidikan dan latihan,
3)
Pembinaan Organisasi,
4)
Pembinaan pengembangan pola pikir.
2.3 Pelaksanaan Kegiatan
1)
Promosi dan Pengenalan
2)
Dilakukan dengan cara memberikan informasi
tentang PMR sekolah dan tentang di bukanya penerimaan Anggota baru PMR sekolah
di suatu latihan OSIS pada kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).
3)
Kegiatan Pengembangan diri
4)
Dilaksanakan sesuai dengan program kegiatan dan
jadwal pelajaran di sekolah.
5)
Kegiatan Pelatihan Tambahan
6)
Dilaksanakan sesuai dengan kegiatan yang
bersifat insidental (menghadapi lomba atau kegiatan luar sekolah).
2.4 Kriteria Pelatihan
Calon PMR harus
mengikuti latihan rutin yang di laksanakan oleh sekolah dengan materi sebagai
berikut :
1)
Sejarah PMI, PMR, PM Internasional
2)
P3K
3)
Materi latihan meliputi :
Gangguan umum,
khusus dan lokal
PBB Dasar,
Perawatan
keluarga dan perawatan umum
Pendekatan permainan yang mendidik,
Pengertian materi yang disesuaikan
dengan tingkat kemampuan yang di miliki,
Penerapan nilai-nilai etika, moral yang
luhur dalam kehidupan sehari-hari.
2.5 Sanksi-Sanksi Dalam Latihan
Sanksi
dalam hukuman yang di berikan saat latihan ataupun pada waktu anak didik tidak
masuk latihan harus memiliki nilai kental yang mendidik dan membina, tidak
dengan penekanan sentuhan fisik yang berakibat melukai ataupun menyakiti, namun
sebuah sanksi yang masih dengan nilai jera serta pengertian akan kesalahan yang
di perbuat tersebut untuk tidak mengulangi.
BAB III
RENCANA
KEGIATAN
3.1 Program Latihan
A.
Program kegiatan jangka pendek (Metode
Pengenalan)
1.
Pengenalan organisasi PMR Madrasah,
2.
Pelayanan Kesehatan Madrasah
3.
Mengadakan Kebersihan Lingkungan Madrasah
4.
Mengadakan Bakti Sosial
5.
Mengadakan Kunjungan ke Tempat Kesehatan
B.
Program jangka menengah (Metode Penggemblengan)
1.
Diklatsar PMR (Latihan Pendidikan Dasar PMR),
2.
Pelantikan Calon Anggota PMR ke Anggota PMR ( Mula
ke Madya tingkat A ),
3.
PBB (Peraturan Baris Berbaris),
4.
Latihan Gabungan
(LATGAB),
5.
Hiking,
6.
Perkemahan bersama.
C.
Program Jangka Panjang (Metode Pembentukan)
1.
Pelantikan Dewan Kerja ( Madya
tingkat A ke Madya
tingkat B ),
2.
Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ( LDKS ),
3.
Pembentukan Pengurus Harian,
4.
Serah Terima Jabatan.
D.
Hasil yang diharapkan
1.
PMR MTs. Negeri Tambun dapat berpartipasi
mengirimkan penderitaan sesama manusia yang disebabkan kelamin, golongan, dan
lain-lainnya yang berlandaskan 7 prinsip –prinsip dasar gerakan internasional
palang merah dan bulan sabit merah
2.
Kemanusiaan
3.
Kesamaan
4.
Kenetralan kemandirian
5.
Kesukarelaan
6.
Kesatuan
7.
Kemestaan
8.
Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan
terencana berkelanjutan dengan pendekatan peduli terhadap sesama.
E.
Menyelenggarakan
pembinaan terhadap potensi sumber daya manusia / siswa di sekolah yang
benar-benar mempunyai kemampuan keahlian serta pengalaman dalam bidang
kepalangmerahan.
9.
Orientasi dan pelatihan aplikasi bagi siswa PMR
dan relawan PMI agar menghayati tugas dan tanggung jawabnya yang didukung
dengan penghayatan terhadap nilai-nilai kepalangmerahan sebelum diterjunkan ke
lapangan
10. Menyelenggarakan
peduli bencana secara terencana terkoordinasi dan kesiagaan terhadap darurat bencana.
Adapun Rencana Kegiatan Palang Merah Remaja
(PMR) MTs. Negeri Tambun Tahun Pelajaran 2016 adalah sebagai berikut terlampir.
BAB IV
RENCANA ANGGARAN
Rencana
Anggaran Kegiatan PMR MTs. Negeri Tambun Tahun Anggaran 2016/2017 adalah
sebagai berikut :
A. Penerimaan
Dari Sekolah Rp.
B. Pengeluaran
1.
Badge dan syal Rp. 1.000.000,-
2.
Kotak P3K Rp. 0
3.
Lomba –lomba Rp. 0
4.
Reorganisasi Rp 0
5.
Tandu untuk
pasien Rp. 0
6.
Obat-obatan
(untuk 12 bulan / daftar terlampir) Rp. 1.000.000,-
7.
Bad Periksa
untuk pasien Rp. 0
8.
Lemari Jati
Kaca untuk obat Rp. 0
9.
Tempat obat
(plastik) Rp. 0
10. Poster-Poster dan Stereopom Rp. 1.000.000,-
11. Timbangan Badan Rp. 200.000,-
12. Tensi (alat untuk tekanan darah) Rp. 250.000,-
13. Stethoscop (alat untuk denyut nadi) Rp. 250.000,-
14. Thermometer Rp. 100.000,-
15. Pengukur tinggi badan Rp. 200.000,-
16. Alat untuk tes mata (steven chart) Rp. 100.000,-
17. Baju Dokter Cilik Rp. 300.000,-
JUMLAH Rp. 4.400.000,-
BAB V
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
1. PMR Sekolah sebagai wahana belajar untuk
mendisiplinkan siswa-siswi yang bertanggung jawab dan mempunyai ilmu
kesehatan yang tinggi,
2. Usai anak didik mengenyam materi
kepalangmerahan di harapkan bisa melanjutkan Organisasi PMR di tingkat yang
lebih tinggi dan selalu exist di dalamnya.
4.2 Saran
Program kerja Tahunan sebagai cara untuk semua
kegiatan di PMR sekolah maka dipandang perlu menyusun suatu perencanaan karena
dengan perencanaan yang matang, maka menentukan kualitas kegiatan tentu
berimbas pada hasil, tetapi apapun perencanaanya kalau tidak diimbangi faktor
yang mendukung dari pihak manapun semua itu tidak akan terwujud dengan baik,
untuk itu semoga pihak-pihak terkait khususnya pihak sekolah dapat mewujukan
apa-apa yang di perlukan demi lancarnya kegiatan ini.
STRUKTUR ORGANISASI PMR MADYA
MTs. NEGERI TAMBUN
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Pelindung
: Ayub, S.Ag.,M. Pd.I
Penasehat
: Mukarrama, S.Pd
Pembina
: 1. Hartaty Kamaruddin, S.Pd
2. Nurni, S.Pd.I
3. Suhardi, S.Pd.I
Pembimbing
: 1. PMI Baolan
2. PUSKESMAS Nopi
Pengurus harian :
Ketua
: 1.
Fajriansyah (VIII-a)
2. Taufik Hidayansyah
(VIII-a)
Wk Ketua
: 1.
Agung Lias Pratama (VIII-b)
: 2.
Fikran (VIII-b)
Sekretaris
: Tri Dewi Utami (VIII-f)
Bendahara
: Suci Ramadhani (VIII-d)
Seksi – seksi
a. Bakti Masyarakat :
1. Risma Asriani (VIII-a)
2. Vera Febrianti (VIII-c)
3. Asrianto (VIII-b)
b. Keterampilan Hidup Sehat
:
1. Diah Pitaloka (VIII-e)
2. Afifa. R (VII-a)
3. Moh. Rafli (VIII-e)
c. Persahabatan (Humas) :
1. Nur Annisa
Rahman (VIII-b)
2. Delia Ayu Lestari
(VIII-c)
3. Moh. Iksan (VIII-e)
|
|
|
Tolitoli, 4 Januari 2015
|
|
Ketua PMR,
Fajriansyah
|
|
Sekretaris PMR,
Tri Dewi Utami
|
|
|
Mengetahui :
|
|
|
|
Pembina PMR
Hartaty Kamaruddin, S.Pd
Nip. 196908072005012007
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar